Total FootBall

Senin, 22 Februari 2016

'Barcelona Hebat karena Messi, Bukan Guardiola atau Enrique'

'Barcelona Hebat karena Messi, Bukan Guardiola atau Enrique'


LAHANBETPep Guardiola boleh saja dianggap sebagai pelatih tersukses dalam sejarah Barcelona. Demikian juga dengan Luis Enrique, yang mampu mengantarkan klub asal Katalan itu meraih treble winner.

Namun, bagi legenda dan mantan manajer umum Real Madrid, Jorge Valdano, bukan Guardiola dan Enrique sebagai penanda era Barcelona. Valdano menilai, Lionel Messi figur di balik kesuksesan Barcelona mendominasi Eropa bahkan dunia selama bertahun-tahun.

Menurut mantan pemain Timnas Argentina era Diego Maradona ini, Messi figur terpenting di Barcelona sampai sekarang. Valdano berpendapat, sukses Guardiola dan Enrique banyak dibantu oleh kehebatan Messi di lapangan.

"Cuma ada satu nama, itu adalah Messi. Madrid pernah punya masa kejayaan bersama Alfredo Di Stefano, namun mereka membelinya pada usia 27 tahun atau tak jauh dari usia Messi sekarang," kata Valdano, seperti dilansir Mundo Deportivo.

Messi pada bulan lalu dinobatkan sebagai peraih FIFA Ballon d'Or 2015, mengalahkan Cristiano Ronaldo dan Neymar. Itu menjadi gelar Ballon d'Or kelima Messi sepanjang kariernya.

Belum lama ini, pemain berjuluk La Pulga tersebut juga menjaringkan dua gol saat Barcelona menang 3-1 atas Sporting Gijon. Dua gol Messi itu sekaligus memecahkan rekor 300 gol di Liga Spanyol.


Klik DI SINI ya... :)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar